Mengapa Rendah Hati Itu Pilihan Terbaik ?

“Rendah hati itu baik” karena inilah yang diajarkan rasululloh…selalu berikan akhlak yang mulia. Meski diludahi dicaci dan dimaki, beliau tetap berikan kasih sayang kepada mereka yang memusuhinya.

Terus rendahkan hatimu sampai tidak ada orang yang bisa merendahkanmu.
Terus rendahkan hati serendah rendahnya, karena rendah hati bukan berarti rendah diri.

Dengan rendah hati, meski dibully dicaci dan dimaki…kita tetap bisa tersenyum , sampai dalam hati pun jadi kasihan sama orang-orang yang kerjaannya hanya” menjelekkan orang lain, mencemooh orang lain, merasa benar sendiri, menyalahkan pihak lain” dan bahkan tanpa menjadi bagian dari solusi.

Ayo tetap guyub rukun lurrr, jangan mudah terprovokasi !!

Ini ada kata-kata bagus :

“Ketika aku muda, aku ingin mengubah seluruh dunia. Lalu aku sadari, betapa sulit mengubah seluruh dunia ini. Maka aku putuskan untuk mengubah negaraku saja.

Ketika aku sadari bahwa aku tidak bisa mengubah negaraku, aku mulai berusaha mengubah kotaku. Ketika aku semakin tua, aku sadari tidak mudah mengubah kotaku. Maka aku mulai mengubah keluargaku.

Kini aku semakin renta, aku pun tak bisa mengubah keluargaku. Ternyata aku sadari bahwa satu-satunya yang bisa aku ubah adalah diriku sendiri.

Tiba-tiba aku tersadarkan bahwa bila saja aku bisa mengubah diriku sejak dahulu, aku pasti bisa mengubah keluargaku dan kotaku. Pada akhirnya aku akan mengubah negaraku dan aku pun bisa mengubah seluruh dunia ini.”

Terus bergerak action sesuai peran kita, semoga masing masing diri kita bisa berikan kemanfaatan bagi orang lain, meski hanya baru lingkup keluarga. Biarkan Allah saja yang menilai kita. Jangan pernah ijinkan hati kita digalaukan akan penilaian orang. Move on bro !

“Urip kui urup” by kanjeng sunan kalijaga