tips cara memilih jurusan kuliah

Kuliah merupakan level pendidikan dimana disitulah proses pendewasaan benar-benar terjadi. Bagi anda yang sedang dalam kondisi bingung dalam memilih jurusan kuliah, mau kuliah di mana, mau ambil jurusan apa, tentu semua butuh pertimbangan yang matang. Mungkin artikel tips cara memilih jurusan kuliah dibawah ini bisa sedikit memberikan inspirasi untuk anda yang sedang bingung memilih jurusan kuliah.

1. Sesuaikan Passioon anda

Kuliah di jurusan yang sesuai hobby / passion tentu akan membuat anda betah. Pada prosesnya nanti anda akan bisa merasa enjoy, karena anda benar-benar bisa menikmati berbagai pelajaran, karena semua telah sesuai dan selaras dengan passion anda. Jika anda suka dengan dunia musik, tidak ada salahnya anda bersekolah di fakultas seni musik, bukan malah mengambil jurusan matematika.

2. Sesuaikan Budget Anda

Ada beberapa kampus yang menggunakan biaya mahal. Dalam mensikapi hal ini, tentu sebaiknya anda tidak memaksakan diri. Misalnya anda bersekolah di kedokteran swasta, padahal biaya orang tua kurang mencukupi. Sebaiknya tentang masalah ini anda komunikasikan yang baik dengan keluarga khususnya orang tua.

3. Perhitungkan kemampuan anda

Ini sesuai dengan tingkat kapasitas anda. Bila anda termasuk orang yang cerdas maka bolehlah anda memasuki jurusan-jurasan dengan kompetisi yang tinggi. Misalkan anda merasa mempunyai kemampuan yang di atas rata-rata, ya bolehlah anda memilih jurusan kuliah teknik nuklir atau yang lain. Ini bukan berarti menganggap rendah kemampuan anda.

4. Pertimbangkan dengan cita-cita anda

Ini adalah factor yang pasti anda sudah paham. Bila anda ingin menjadi guru, ya sebaiknya anda kuliah di fakultas pendidikan. Jika anda ingin menjadi perawat, anda  bisa ambil kuliah jurusan Akper atau akademi keperawatan. Bila anda ingin menjadi bidan, anda bisa bersekolah di AKBID.

Tentu beberapa point diatas tidaklah mengikat. Pada prinsipnya anda bisa mengambil jurusan kuliah dimana saja, asal ada kemauan dan niat. Semoga  sekarang anda menjadi tercerahkan dalam memilih fakultas kuliah setelah membaca artikel ini.

Comments are closed.